Jumat, 22 Juni 2012

GENDANG BELEQ (Musik Tradisional Lombok)

Gendang beleq merupakan salah satu seni musik yang dimainkan oleh banyak orang atau biasanya berjumlah kurang lebih 20 orang. seni musik ini sangat terkenal ddan menjadi salah satu jenis musik yang digemari oleh masyarakat lombok. Gendang beleq merupakan warisan nenek moyang orang lombok yaitu suku sasak. Gendang beleq ini terdiri dari 2 atau lebih gendang beleq dimana gendang beleq ini mirip-mirip seperti gendang biasa yang ujung kiri dan kanannya tertutup oleh kulit sapi yang konon katanya sudah tersimpan sampai bertahun-tahun tapi ukurannya cukup besar. Dan alat ini dimainkan dengan cara dipukul dengan pemukul disebelah kanan dan tangan kiri hanya sebagai penyeimbang ketukan saja. suara yang sama seperti gendang namun lebih besar  dari biasanya menjadi posisi dan bagian utama dalam gendang beleq. 

Alat-alat musik pendukungnya yaitu kelentang, puluhan pasang cemprang/cemper, suling, gong besar dan gong kecil dan beberapa alat lainnya. Dan ada pula beberapa persatuan atau grup gendang beleq ini menggunakan penari khusus untuk mengiri alunan musiknya.
Gendang beleq ini masih tetap exsis sampai dengan hari ini karena Gendang Beleq ini hampir selalu ada pada setiap acara prosesi pernikahan adat lombok (merarik) yaitu pada acara nyongkolan. Nyongkolan ini merupakan acara adat dimana pengantin laki-laki pergi bertandang ke rumah pengantin wanita dan diiringi oleh kerabat serta saudara-saudara yang lainnya. Untuk lebih jelasnya akan kita bahas pada tulisan berikutnya.
Pada acara pernikan inilah seni musik gendang belek ini sering diundang, tujuannya yaitu tadi untuk ikut serta mengiringi kedua mempelai menuju rumah pengantin wanita. Terkadang juga ada acara-acara khusus yang diadakan oleh pemerintah setempat untuk tetap melestarikan budaya-budaya lombok seperti Festival Gendang Beleq Sepulau Lombok. Pada acara ini mereka bisa mengeluarkan skill-skill yang mereka miliki untuk dipertunjukkan pada semua orang baik itu penonton dan grup-grup yang lain.

Untuk lebih jelasnya bagi saudara yang masih penasaran dengan gendang beleq dan ingin melihatnya silahkan langsung terbang ke Lombok dan bagi yang berhalangan ke Lombok bisa didownload di youtube dan cari dengan kata kunci gendang beleq.

1 komentar:

Jika ingin memberikan komentar, mohon memberikan komentar yang sopan.